Facebook Vs Twitter, Siapa yang Lebih Unggul?

facebook-vs-twitter

Anda bisa menggunakan banyak media sosial untuk berinteraksi dengan kerabat atau saudara. Apalagi masing-masing dari media sosial saat ini memiliki karakter yang berbeda. Beberapa media sosial yang sering digunakan seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus hingga Youtube. Sebagian dari pengguna memang memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan teman atau pengguna lain yang baru dikenal. Namun, sebagian lainnya menganggap bahwa media sosial seperti itu akan memberikan penghasilan yang cukup besar. Tentu saja itu akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda sendiri.

Diantara media sosial yang banyak digunakan tentu saja Anda memiliki Facebook dan Twitter. Kedua media sosial ini memang memiliki banyak pengguna aktif hingga kini. Namun, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok karena karakter dan fungsi fitur yang ditawarkan. Hal ini juga berpengaruh pada karakter para pengguna kedua media sosial itu. Ini yang membuat Anda bisa mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan dari Facebook dan Twitter.

Keunggulan dan Kelemahan Facebook

Pada awal kemunculan dari Facebook memang sangat fenomenal. Media sosial ini bisa mengalahkan platform lainnya yang dianggap sudah mapan seperti Friendster dan MySpace. Hal yang menarik dari Facebook pada kala itu adalah dukungan fitur yang menarik dan tidak dimiliki platform lainnya. Kondisi ini dimanfaatkan pengembang Facebook untuk terus melakukan peningkatan fitur hingga akhirnya banyak orang mulai mendaftar. Bahkan, proses pendaftaran dari media sosial ini juga sangat mudah. Karakter seperti ini yang membuat orang lain tertarik dan menjadi penggunanya.

Keunggulan Facebook dibandingkan dengan Twitter

Ada banyak fitur yang disediakan pengembang Facebook untuk para penggunanya. Fitur dasar pada awal kemunculan media sosial ini bisa memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk berkomunikasi. Hal ini juga yang membuat Facebook bisa mengalahkan rival dengan sangat mudah. Berikut ini ada beberapa keunggulan dari Facebook seperti:

1. Fitur Chatting
Ini adalah fitur yang menjadi salah satu keunggulan Facebook. Anda bisa berkomunikasi secara langsung kepada akun yang menjadi teman Anda. Bahkan, Facebook juga menawarkan aplikasi facebook messanger dengan banyak fitur termasuk voice call dan video call.

2. Fitur Pengaturan Profil
Anda bisa melakukan perubahan profil sesuai dengan keinginan Anda. Tentu saja ini juga bisa dilakukan dengan menambahkan atau mengganti foto. Fitur ini sangat mudah untuk digunakan kapan dan dimana saja

3. Share Link dengan Mudah
Facebook memudahkan Anda untuk membagikan link video dari media sosial lain, link berita dan informasi berasal dari situs web lain.

4. Fitur Hiburan
Ada banyak fitur hiburan yang bisa Anda gunakan. Beberapa diantaranya seperti pembuatan akun fanpage, grup facebook hingga bermain game. Anda juga bisa mengajak teman atau akun lain bermain game bersama.

5. Fitur Marketplace
Facebook menawarkan fitur baru dengan membuat sebuah page khusus untuk toko online. Anda bisa memiliki toko online sendiri yang terintegrasi langsung dengan platform facebook. Bahkan, berbagai produk yang dijual juga sangat mudah untuk dibagikan.

6. Fitur Tombol Darurat Bencana atau Peristiwa Penting
Salah satu fitur penting lain yang mengesankan adalah tombol darurat. Tombol ini akan member tahu kepada banyak orang bahwa Anda selamat bila terjadi peristiwa atau kejadian tertentu. Misalnya saja saat gempa bumi Anda bisa menggunakan tombol ini untuk member tahu bahwa Anda selamat.

Kelemahan Facebook yang Harus Anda Tahu

Namun, Anda juga harus tahu bahwa Facebook juga memiliki kelemahan. Beberapa pihak menganggap bahwa kelemahan ini akan memberikan dampak buruk bagi pengembangan Facebook untuk jangka waktu yang sangat lama. Salah satu kelemahan Facebook yang dirasakan oleh banyak penggunanya adalah banyaknya akun palsu. Kemudahan pembuatan akun dari Facebook seperti ini memang menjadi salah satu penyebabnya. Para pengguna Facebook juga disarankan untuk berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan. Anda juga jangan terlalu percaya dengan profil atau foto yang dipajang oleh akun tertentu tanpa adanya konfirmasi langsung dari pemilik akun.

Keunggulan dan Kelemahan Twitter

Pilihan media sosial lain yang bisa Anda gunakan adalah Twitter. Sebenarnya platform ini memang memberikan kemudahan bagi Anda untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Anda bisa menggunakan fitur mention atau direct message (DM). Namun, Twitter memiliki karakter yang sangat berbeda dibandingkan dengan Facebook. Selain tampilan antarmuka yang berbeda, Twitter juga hanya mengAndalkan status atau sering disebut dengan tweet yang memiliki jumlah karakter terbatas. Hal ini yang membuat beberapa pengguna Twitter juga lebih mudah untuk membagikan tweet. Hingga kini Twitter lebih banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk berkomunikasi langsung kepada para pengguna produknya. Bahkan, tidak sedikit juga masyarakat umum yang menyampaikan keluhan melalui Twitter.

Keunggulan Twitter dibandingkan dengan Facebook

Karater media sosial yang ditawarkan Twitter menjadi salah satu keunggulan yang tidak Anda dapatkan melalui Facebook. Apalagi Twitter juga dianggap lebih nyaman untuk berkomunikasi. Berikut ini ada beberapa keunggulan Twitter yang dinikmati oleh para penggunanya, seperti:

1. Jumlah Karakter Tweet yang Terbatas
Bagi sebagian pengguna hal ini sangat dibutuhkan. Fitur tweet dengan jumlah karakter terbatas dianggap akan memudahkan Anda membagikan informasi.

2. Bisa Menjadi Pengikut Perusahan atau Brand Besar
Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk mendapatkan berbagai informasi secara mudah dari banyak perusahaan atau produk tertentu. Anda hanya menjadi followers akun itu dan menunggu informasi terbaru.

3. Berkomunikasi Secara Langsung dengan Fitur “Mention”
Untuk berkomunikasi kepada akun lainnya, Anda cukup menggunakan fitur “mention”. Fitur ini akan memberikan notifikasi kepada akun yang Anda sertakan di tweet.

4. Informasi yang Dibagikan Lebih Cepat
Twitter dianggap sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan informasi dengan sangat cepat. Bahkan, informasi penting seperti ini bisa berasal dari pengguna lain yang berada di lokasi kejadian atau peristiwa.

5. Fitur Trending Topic yang Mengesankan
Twiiter memiliki fitur trending topic yang akan memberikan deskripsi tentang topik yang sedang dibicarakan di seluruh dunia. Tidak hanya itu, pengaturan dari fitur ini juga bisa disesuaikan dengan negara pengguna. Sehingga Anda sangat mudah untuk mengetahui peristiwa atau topik apa yang sedang terkenal di negara masing-masing.

Kelemahan Twitter yang Harus Anda Tahu

Sama seperti Facebook, Twitter juga memiliki kelemahan. Bagi sebagian pengguna kelemahan ini memang tidak memberikan dampak besar. Namun, bagi pengguna lain yang memiliki tujuan tertentu biasanya akan mempertimbangkan kelemahan ini. Beberapa kelemahan yang cukup mempengaruhi penggunaan dan fungsi dari media sosial seperti ini adalah:

  1. Konsep followers bukan pertemanan
  2. Sangat mudah menemukan konten negative
  3. Penggunaan bot untuk trending topic

panco-facebook-vs-twitter

Kesimpulan dari Facebook Vs Twitter

Kedua media sosial ini memiliki karakter yang sangat berbeda. Anda tidak bisa membandingkan seluruh fitur yang ditawarkan oleh media sosial ini. Apalagi fungsi dari fitur utama pada kedua media sosial ini juga sebenarnya saling melengkapi. Hal ini juga tergantung dari perspektif penggunaan yang Anda terapkan. Tidak ada salahnya bila Anda menggunakan kedua media sosial ini.